Tips Aman BerSikadu

Tips Aman BerSikadu
Semarang, akademik.unnes.ac.id. Tips ini hadir sebagai reaksi keprihatinan bagi kurang amannya user Sistem Akademik Terpadu Unnes (SIKADU Unnes) yang banyak melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal. Kesalahan yang paling umum masih menyangkut tentang adab login dan logout, per-password-an dan etika berinternet. Untuk pengguna yang tidak mempunyai akses internet, alias yang masih ke warnet untuk membuka sikadu. Ikuti tips berikut:

1. Pilihlah warnet yang anda PERCAYAi, yang nyaman, aman (baik tempat maupun sistem), mudah dioperasikan.
2. Setelah mendapat tempat diwarnet tersebut, terlebih dulu restart Komputer. Tekan tombol reboot atau restart. Sembari menunggu sistem diload dan konek dengan server, anda bisa mengatur posisi duduk, membuka jaket, cemilan atau apalah.
3. Login dengan atau tanpa username, isikan password sembarang (jangan sama dengan username/password apapun yang ada miliki)
4. Jalankan Internet Explorer, Opera ataupun Mozilla Firefox, dan ketik alamat/URL Sikadu di: http://akademik.unnes.ac.id/
5. Pada pilihan menu, klik menu Login
6. Untuk mengisikan username, password SIKADU Gunakanlah On-Screen Keyboard (OSK) bawaan Microsoft untuk menghindari penyadapan username dan password dengan Keylogger. (Risiko keylogger? Lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Keylogger)
7. Jalankan On-Screen Keyboard (OSK) dengan START à RUN dan ketik osk.exe, kemudian klik OK. Tampillah On-Screen Keyboard.
8. Isikan username dan password anda dengan On-Screen Keyboard (gunakan mouse untuk menekan tombol huruf/angka yang anda inginkan JANGAN gunakan keyboard biasa!!!)
9. Lihat Security Code (biasanya kombinasi 6 angka) isikan code tersebut dikotak dibawahnya (boleh gunakan keyboard).
10. Klik tombol LOGIN, tunggu sampai halaman diload sepenuhnya.
11. Kemudian pilih menu-menu yang anda ingin gunakan, gunakan menu Mahasiswa bila ingin memanfaatkan aplikasi pengisian KRS, cetak KHS, transkrip dan lain-lain.
12. Setelah melakukan aktivitas anda, plih menu LOGOUT, JANGAN sekalipun meninggalkan SIKADU anda dengan kondisi tidak dilogout, BAHAYA
13. Setelah logout, lakukan penghapusan data-data anda pada web dengan Clear Private Data (Pada Firefox), Delete Browsing History (IE), Manage Private Data (Opera) dll.
14. Matikan browser anda, Logout dari billing dan restart kembali komputer anda.
15. Jangan sekali-kali anda memberikan user name dan pasword kepada siapa pun ( pacar, petugas warnet dll), apabila hal tersebut telah terjadi maka ganti password anda dengan login kembali dan mengganti pada fitur pengganti pasword.
16. Berdoalah semoga tidak terjadi apa-apa setelah anda mengakses SIKADU, karena setiap sistem mempunyai sampling eror 0,2 %. Semoga anda bukan yang 0,2% itu.

JIka Anda mempunyai HP dengan tipe yang sudah dapat untuk mengakses internet, maka dapat anda lakukan dengan menggunakan OPERA MINI v.4 ( gunakan versi 4 karena lebih baik dalam pengkaseskan ).- setting program GPRS / 3G anda dengan menanyakan pada operator provider anda.

Contoh pada GPRS INDOSAT ketik GPRSmerk hpVersi contoh GPRS NOKIA 3230 kirim ke 3000- OPERA MINI v4 dapat didownload di mini.opera.com dari browser bawaan anda.-

Selalu setting dalam keadaan dapat menampilkan gambar. Karena Login SIKADU mempunyai sekurity number yang berupa gambar.-

Isi pulsa anda untuk perbekalan internet nanti J

Tips ini dapat di buka pada www.dotexe.wordpress.com. Kerjasama GASIKA (Gerakan Sikadu Aman), ELTV (Televisi Komunitas Unnes dan [dot]EXE.

diambil dari: http://dotexe.wordpress.com/2008/01/30/tips-aman-ber-sikadu/