Pendidikan Teknik Otomotif, S1

GELAR LULUSAN
Sarjana Pendidikan (S.Pd)

AKREDITASI
Akreditasi B (berlaku s/d 08-08-2019) sesuai dengan SK BAN-PT No. 275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014
Sertifikat Akreditasi : klik disini

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang pendidikan dan teknologi otomotif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi serta mampu bersaing secara global.

Visi Prodi PTO disusun mengacu pada visi UNNES “menjadi Universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional”. Nilai konservasi yang dikembangkan di UNNES mencakup Inspiratif, Humanis, Peduli, Inovatif, Sportif, Kreatif, Kejujuran, Keadilan. Nilai konservasi yang dikembangkan di FT UNNES adalah nilai kreatif. Makna “unggul dalam bidang pendidikan dan teknologi otomotif” dalam visi Prodi PTO mengarah ke pencapaian visi UNNES bereputasi yang dikhususkan dalam bidang otomotif, sedangkan mampu bersaing secara global sejalan dengan visi UNNES yang bereputasi internasional.

MISI

  1. Menyiapkan sumber daya manusia bidang kependidikan melalui pendidikan teknik otomotif yang unggul berdasar nilai konservasi dan relevan dengan kebutuhan pasar.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi otomotif yang ramah lingkungan melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi otomotif yang ramah lingkungan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kewirausahaan dalam bidang teknik otomotif.
  5. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembelajaran melalui jalinan kerjasama dengan stakeholder.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sumber daya manusia bidang kependidikan teknik otomotif yang unggul berwawasan nilai konservasi dan relevan dengan kebutuhan guru SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) yang berkepribadian luhur, berjiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi etika profesionalitas guru..
  2. Menghasilkan pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi otomotif ramah lingkungan yang mampu membelajarkan dan mendidik siswa SMK atau lembaga pendidikan di bidang keahlian Teknik Otomotif.
  3. Menghasilkan tenaga ahli yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi otomotif yang ramah lingkungan kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan wirausahawan dalam bidang teknik otomotif.
  5. Menghasilkan jalinan kerjasama stakeholder dan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran berkualitas untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di era global.

Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, dapat dilihat bahwa setiap tujuan yang telah ditetapkan mendukung misi-misi yang diemban oleh Prodi PTO UNNES. Dengan demikian, jika semua tujuan dapat tercapai, maka misi yang sudah ditetapkan akan tercapai.

DESKRIPSI SINGKAT

Prodi Pendidikan Teknik Otomotif adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) danEnterpreneur. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada Surat Mandat dari Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1042/E/T/2011 tanggal 21  Juli  2011 tentang Penugasan  Pembukaan  Program  Studi Pendidikan  Teknik Otomotif  (S1) dan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 137/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S-1) pada Universitas Negeri Semarang. Dengan berbekal tekad dan semangat “SIAP (Skill, Inovation, Academic and Performance)” Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif siap membekali mahasiswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif).

KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan profil lulusan dan skema penyusunan capaian pembelajaran, diharapkan kompetensi dari lulusan sebagai berikut:

     SIKAP

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keahliannya kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pengembangan karakter lulusan berlandaskan nilai – nilai konservasi.

     PENGUASAAN PENGETAHUAN

  • Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan teknologi pembelajaran teori dan praktik bidang teknologi otomotif.
  • Menguasai pengetahuan tentang teknologi otomotif, teori dan praktik yang meliputi: kendaraan ringan, alat berat, desain dan perbaikan bodi, dan sepeda motor,
  • Mempunyai kemampuan merencanakan dan mendesain strategi dan model pengembangan pembelajaran bidang teknologi otomotif secara berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan pembelajaran pendidikan teknologi otomotif yang mendidik melalui pemahaman karakteristik pesertadidik, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksi proses pembelajaran sistemik dan sistematik dalam lingkup lingkungan terbatas
  • Mempunyai kemampuan mengelola sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium

     KEMAMPUAN KERJA (KETERAMPILAN KHUSUS)

  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi otomotif;
  • Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi otomotif berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang otomotif, berdasarkan hasil análisis terhadap informasi dan data;
  • Mengelola pembelajaran secara kelompok dan/atau mandiri;
  • mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

     KETERAMPILAN UMUM

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang mendidik, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan melalui penggunaan metode dan media pembelajaran dalam bidang teknik otomotif.
  • Mampu mengaplikasikan strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEKS, sehingga dapat membekali peserta didik untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan kecakapan hidup.
  • Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi otomotif, merawat, memperbaiki, dan memodifikasi kendaraan bermotor.
  • Mampu mengelola sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium

KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku di prodi Pendidikan Teknik Otomotif saat ini adalah Kurikulum 2015 Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *