Pendidikan Teknik Otomotif, S1

GELAR LULUSAN
Sarjana Pendidikan (S.Pd)

AKREDITASI
Akreditasi B (berlaku s/d 08-08-2019) sesuai dengan SK BAN-PT No. 275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014
Sertifikat Akreditasi : klik disini

VISI
Menjadi program studi yang unggul dalam bidang pendidikan dan teknologi otomotif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi serta lulusannya mampu bersaing secara global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mempersiapkan sumber daya manusia bidang kependidikan yang unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar sesuai dengan nilai-nilai konservasi
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Otomotif ramah lingkungan.
  3. Mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat khususnya bidang Teknik Otomotif.
  4. Mengembangkan kewirausahaan dalam bidang Teknik Otomotif
  5. Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan stakeholder

DESKRIPSI SINGKAT

Prodi Pendidikan Teknik Otomotif adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) danEnterpreneur. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada Surat Mandat dari Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1042/E/T/2011 tanggal 21  Juli  2011 tentang Penugasan  Pembukaan  Program  Studi Pendidikan  Teknik Otomotif  (S1) dan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 137/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S-1) pada Universitas Negeri Semarang. Dengan berbekal tekad dan semangat “SIAP (Skill, Inovation, Academic and Performance)” Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif siap membekali mahasiswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif).

KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan profil lulusan dan skema penyusunan capaian pembelajaran, diharapkan kompetensi dari lulusan sebagai berikut:

     SIKAP

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keahliannya kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pengembangan karakter lulusan berlandaskan nilai – nilai konservasi.

     PENGUASAAN PENGETAHUAN

  • Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan teknologi pembelajaran teori dan praktik bidang teknologi otomotif.
  • Menguasai pengetahuan tentang teknologi otomotif, teori dan praktik yang meliputi: kendaraan ringan, alat berat, desain dan perbaikan bodi, dan sepeda motor,
  • Mempunyai kemampuan merencanakan dan mendesain strategi dan model pengembangan pembelajaran bidang teknologi otomotif secara berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan pembelajaran pendidikan teknologi otomotif yang mendidik melalui pemahaman karakteristik pesertadidik, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksi proses pembelajaran sistemik dan sistematik dalam lingkup lingkungan terbatas
  • Mempunyai kemampuan mengelola sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium

     KEMAMPUAN KERJA (KETERAMPILAN KHUSUS)

  • Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi otomotif;
  • Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi otomotif berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang otomotif, berdasarkan hasil análisis terhadap informasi dan data;
  • Mengelola pembelajaran secara kelompok dan/atau mandiri;
  • mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

     KETERAMPILAN UMUM

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang mendidik, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan melalui penggunaan metode dan media pembelajaran dalam bidang teknik otomotif.
  • Mampu mengaplikasikan strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEKS, sehingga dapat membekali peserta didik untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan kecakapan hidup.
  • Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi otomotif, merawat, memperbaiki, dan memodifikasi kendaraan bermotor.
  • Mampu mengelola sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium

KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku di prodi Pendidikan Teknik Otomotif saat ini adalah Kurikulum 2015 Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *