Pendidikan Teknik Mesin, S1

GELAR LULUSAN
Sarjana Pendidikan(S.Pd)

AKREDITASI
Akreditasi (berlaku s/d 30-05-2020) sesuai dengan SK BAN-PT No. 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015.
Sertifikat Akreditasi : klik disini

VISI
Menjadi lembaga yang unggul dalam menghasilkan tenaga profesional kependidikan (pendidik di SMK dan instruktur pada pusat pelatihan) dan rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan ilmu melalui penelitian, dan penerapan IPTEK dalam bidang teknik mesin untuk mengantisipasi kebutuhan pembangunan dan kemanusiaan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang pendidikan teknik mesin yang menguasai IPTEKS.
  2. Melakukan penelitian dan kajian untuk menghasilkan karya akademik unggul yang dapat menjadi rujukan dalam pengembangan ilmu pendidikan teknik mesin.
  3. Menerapkan ilmu pendidikan teknik mesin dalam memberdayakan masyarakat menuju kehidupan yang sehat, unggul dan sejahtera yang dilakukan secara peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas kinerja prodi.
  5. Memberdayakan alumni untuk meningkatkan kinerja dan citra prodi.
  6. Membangun organisasi yang sehat dan unggul dengan menerapkan manajemen korporasi, penjaminan mutu, akreditasi dan evaluasi diri secara terus menerus dengan prinsip otonomi, transparan dan akuntanbilitas.

DESKRIPSI SINGKAT

Pendidikan Teknik Mesin S1 merupakan salah satu Program Studi kependidikan yang telah lama berdiri di Jurusan Teknik Mesin. Prodi Pendidikan Teknik Mesin S1 didirikan pada bulan Juli 1979, dan pada tanggal 11 juli 1996 secara resmi memperoleh SK Pendirian Program Studi dari Dirjen Dikti Republik Indonesia Nomor 244/DIKTI/KEP/1996. Prodi Pendidikan Teknik Mesin merupakan salah satu dari 3 prodi yang ada di Jurusan Teknik Mesin Unnes. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan teknik mesin dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran teknik mesin untuk tingkat pendidikan sekolah menengah kejuruan dan instruktur pada pusat-pusat pelatihan lembaga diklat maupun industri serta tenaga laboratorium untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan teknik mesin dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang memiliki kepribadian tinggi, jiwa dan etika profesional pendidik.Lulusan Program Studi Pendidikan teknik mesin juga dibekali keterampilan kewirausahaan (technopreneurship) serta pengelolaan bidang kependidikan.

PRESTASI PRODI

Prodi Pendidikan Teknik Mesin memiliki prestasi lulusan yang membanggakan dengan IPK rata-rata 3,00 dalam periode empat tahun terakhir, hasil yudisium nilai skripsai skripsi mendapatkan nilai A atau B. Prestasi tersebut juga diimbangi dengan banyaknya lulusan yang terserap di lapangan kerja sebagai tenaga pengajar, bekerja di industri atau berwirausaha yang mana masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan tidak terlalu lama. Pengguna lulusan juga menyatakan puas akan kinerja alumni dari prodi pendidikan teknik mesin. Selain di dalam bidang study dan pekerjaan, prodi pendidikan teknik mesin juga memiliki prestasi yang membanggakan ditingkat nasional yaitu beberapa kali menjuarai PIMNAS. Prestasi di tingkat nasional terakir kali didapatkan pada PIMNAS tahun 2011 dibidang gagasan tertulis dengan judul Smart Flying Float.

KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan profil lulusan dan skema penyusunan capaian pembelajaran, diharapkan kompetensi dari lulusan sebagai berikut:

     SIKAP

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahlian kejuruan teknik mesin dan pembelajaran secara mandiri;
  • Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

     PENGUASAAN PENGETAHUAN

  • Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, evaluasi, dan tindaklanjut hasil evaluasi pembelajaran kejuruan;
  • Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran kejuruan berbasis TIK;
  • Menguasai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran kejuruan;
  • Menguasai konsep teoritis pengelolaan sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium;
  • Menguasai konsep teoretis sains bidang teknik mesin, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen mesin;
  • Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen mesin;
  • Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum yang dapat berkaitan dengan bidang teknik mesin;
  • Menguasai pengetahuan teknik komunikasi secara efektif tidak hanya dengan sesama sarjana teknik tetapi juga dengan masyarakat luas, termasuk kemahiran berbahasa inggris
  • Mengetahui perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang teknik mesin dan teknologi informasi

     KEMAMPUAN UMUM

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni serta mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, berfikir kritis, dan membuat keputusan secara tepat.

     KETERAMPILAN KHUSUS

  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
  • Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan kejuruan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
  • Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran kejuruan yang telah tersedia secara inovatif dan teruji;
  • Mampu mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan kejuruan teknik mesin dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang pendidikan teknik mesin dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi pembelajaran praktik dan teori di sekolah menengah kejuruan (SMK) atau lembaga pelatihan kejuruan;
  • Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah bidang pendidikan teknik mesin;
  • Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah bidang pendidikan teknik mesin dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  • Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah bidang teknik mesin;
  • Mampu merancang sistem, proses, dan komponen mesin dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration);
  • Mampu mengoperasikan, mengelola, dan merawat mesin dan sistem yang berhubungan dengan pemesinan

KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku di prodi Pendidikan Teknik Mesin UNNES saat ini adalah Kurikulum 2015 Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *