Kuliah Umum “Pengembangan Material Komposit dan Aplikasinya” – Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.

Semarang (18/6), Jurusan  Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertema “Pengembangan Material Komposit dan Aplikasinya”. Kuliah umum tersebut menghadirkan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T, dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Beliau merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, sekaligus Guru Besar Teknik Mesin. Kegiatan yang terbuka bagi mahasiswa dan dosen ini diselenggarakan pada Kamis, 18 Juni 2020, via Zoom Meeting.

Kuliah umum ini sendiri dipandu oleh Dr. Ir. Rahmat Doni Widodo, S. T., M. T., dimana materi yang disampaikan oleh narasumber membicarakan seputar komposit dari mulai mengenalkan sampai aplikasinya dalam berbagai bidang. Dijelaskan pula bahwa material komposit memiliki keunggulan dibandingkan material lain yaitu kekuatan & kekakuan tinggi, ringan (rasio kekuatan/BJ), tahan korosi, ketahanan aus tinggi, umur lelah panjang dan mudah dibentuk. Sehingga dengan berbagai keunggulan tersebut diharapkan material komposit ini dapat digunakan di berbagai bidang antara lain penerbangan, otomotif, peralatan olahraga, infrakstruktur dan kedokteran gigi. Selain itu, pada akhir kuliah umum ini Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T juga memberikan motivasi kepada pada mahasiswa dimana “Keberhasilan menjadi lulusan yang baik ada 4 komponen yaitu akademi, softskill, manajemen waktu dan komunikasi yang terdidik.”

Sementara itu, sambutan dari Jurusan Teknik Mesin diwakili oleh Samsudin Anis, S. T., M. T., Ph. D., dimana menyampaikan, acara kuliah umum mahasiswa diharapkan dapat mengenal material komposit lebih mendalam dan mempunyai ketertarikan dalam mengembangkannya serta meningkatkan kerjasama antar lembaga

Untuk materi dan video kuliah umum bisa dicek pada link di bawah ini :
https://bit.ly/materiKuliahUmumKomposit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *