WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN

Semarang (16/5), Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian di ruang Teleconference Gd. E5 lantai 3. Mengacu pada UU tentang guru dan dosen, dimana dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mampu membuat suatu karya penelitian yang berkualitas maka harus mampu menyusun proposal dan hal tersebut sebagai dasar diselengarakanya workshop ini.

Workshop dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin,Rusiyanto S.Pd., M.T., dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya kemapuan penyusunan proposal yang baik, akan mampu menghasilkan penelitian yang baik pula. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penandatanganan MOM (Minutes Of Meeting). Workshop ini diikuti semua dosen teknik mesin dan dipandu oleh Dr. Suyitno, S.T., M.Sc dari UGM selaku narasumber yang memberikan materi mengenai penyusunan proposal yang dimulai dari format, substansi sampai perhatian terhadap isu-isu nasional yang layak untuk dijadikan sumber masalah dalam penelitian. Narasumber juga menyampaikan bagaimana sebuah penelitian selain berangkat dari masalah yang ada disekitar kita, namun juga harus memperhatikan mengenai isu penlitian terkini. Selain meyusun sebuah proposal perlu juga mencermati hasil output dari penelitian antara lain dilihat dari publikasi. Penelitian yang layak untuk publikasi merupakan sebuah penelitian yang memilki konsep mengenai Riset Dasar, karena berbeda apabila melakukan penelitian tentang riset terapan maka luaran yang dihasilkan adalah paten atau produk. Pemateri juga menyinggung banyaknya peneliti yang melupakan road map dalam penyusunan penelitian, hal ini menjadi penting karena dengan adanya road map, maka sebuat penelitian akan jelas target dan luaran apa yang akan dihasilkan berdasarkan waktu yang sudah disusun dalam road map

Diharapkan dengan serangkaian acara yang telah dilakukan dalam workshop ini dosen teknik mesin dapat meyusun penelitian dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, serta bisa menghasilkan penelitian yang memiliki output produk maupun publikasi yang bereputasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *