KUNJUNGAN STUDI LAPANGAN KE JURUSAN TEKNIK MESIN FT UNNES

Semarang (27/2), Jurusan Teknik Mesin FT Unnes menerima kunjungan sebanyak 40 siswa kelas X Jurusan Teknik Alat Berat SMK PGRI 2 Ponorogo. Kunjungan ini merupakan bagian dari wisata edukasi yang dilakukan oleh SMK PGRI 2 Ponorogo dengan tujuan agar para siswa bisa mengetahui berlangsungnya proses perkuliahan. Dengan demikian siswa akan memiliki motivasi untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, serta mampu mencetak tenaga yang terampil dibidangnya. Demikian disampaikan oleh guru pendamping dari wisata edukasi ini di depan para siswa serta para dosen, ketua jurusan serta Dekan Fakultas Teknik di ruang Prof. Soedartono Lantai 3 Dekanat Fakultas Teknik Unnes.

Nanang Kurniawan S.Pd., selaku guru pendamping menyampaikan bahwa SMK PGRI 2 Ponorogo merupakan sekolah yang berbasis pondok pensantren yang memiliki 8 kompetensi keahlian, antara lain: Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Alat Berat, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Selain itu dengan adanya kunjungan ini, sekaligus bisa membuka wawasan siswa tentang rencana kedepan setelah lulus dari SMK, apakah ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, bekerja atau berwirausaha.  Jurusan Teknik Mesin sendiri dikenal oleh SMK PGRI 2 Ponorogo melalui guru yang sedang menempuh Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan di Unnes.

Kunjungan pertama yang dilakukan oleh siswa SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu mengunjungi dekanat Fakultas Teknik Unnes, kemudian disambut oleh Dekan dimana dalam sambutannya menyampaikan mengenai profil Fakultas Teknik serta bagaimana tatacara masuk menjadi mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Kemudian dilanjutkan melakukan studi lapangan di Jurusan Teknik Mesin yang didampingi oleh Ketua Jurusan, dan para Koordinator program studi. Kegiatan kunjungan ini selanjutnya ditutup dengan penandatanganan MoM (Minutes of Meeting) antara SMK PGRI 2 Ponorogo, Jurusan Teknik Mesin, dan Fakutas Teknik agar selalu bisa bekerjasama dalam berbagai hal untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *