Tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES Mulai Menunjukkan Prestasi di DECONBOTION

DSC_0336

Sabtu dan Minggu, 5-6 Desember 2015, Taman Maerokoco, Tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES, mengikuti DECONBOTION yang merupakan lomba design kapal tingkat nasional tema kali ini “Rescue Boat”, tim Roboboat Senopati mengirimkan 3 tim Kapal Remote Control (Senopati 1 dengan tim: Ahmad Sigit,Waiz al qorni, Khaerul Mukmin), (Senopati 2 dengan tim: Jerry Pranio, Nobertus Dodi, Panca Ariana) dan (Senopati 3 dengan tim: Catur Putra, Ezra Ramadhan, Dhimas M. Danial) serta Kelas Antonomous dengan nama kapal green syndicate dengan anggota tim : Pujiayanto, Kamal Wahyudi, Imam Safi’i, Galuh Nur B.
Lomba kali ini diikuti oleh 70 tim dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, diantaranya UNNES, ITB, UGM, UI, IPB, ITS, UII, Telkom Universitty, UNDIP, PPNS, UNISULA, dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Ada dua kelas yang dilombakan: kelas RC, kelas antonomous dengan sensor dan the best design.

Pada Sabtu, 5 Desember 2015, hari pertama mempertandingkan kelas Remote Control dan hasil terbaik didapat oleh tim Senopati 1 dengan mampu mencapai 16 besar dari 70 tim peserta dengan sudah menyingkirkan tim –tim besar seperti ITB, UI, ITS dan beberpa tim lainnya, dan pada Minggu, 6 Desember 2015 dipertandingkan kelas Antonomous, namun sayang pada kelas antonomous tim Green Syndicate mengalami error pada sistem navigasi, sama seperti tim ITB dan UGM yang mengalami error pada sensornya demikian tandas Setyo, selaku koordinator CRC Himpro Teknik Mesin FT UNNES

Meskipun belum mendapatkan juara namun tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES sudah menunjukkan perkembangan yang luar biasa dimana pada race 1 dan race 2 telah mencatatkan diri sebagai pemenang kedua dalam tiap race, namun karena faktor tabrakan antar boat dari peserta lomba sehingga mengakibatkan sistem menjadi error, namun diluar itu semua setidaknya keberadaan tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES sudah mulai diperhitungkan oleh lawan-lawan yang lain dan sekaligus mengharumkan nama Fakultas Teknik, terkhusus Jurusan Teknik Mesin di kancah lomba Roboboat tingkat Nasional, demikian tegas Rizqi Fitri Naryanto, ST., M.Eng selaku pembimbing CRC Himpro Teknik Mesin dan Pembimbing Tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES.

Pada kesempatan lomba kali ini, Tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES mendapatkan kehormatan dengan dikunjungi langsung oleh Drs. Wirawan Sumbodo., MT selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, beliau mengatakan bahwa nanti pada saat akan menghadapi pertandingan, diharapkan tim segera menyiapkan diri guna berkonsentrasi kepada pertandingan selanjutnya yang akan datang di ITS, dan tim Roboboat Senopati FT UNNES sudah mampu merancang hull dan engine yang sangat kencang untuk tiap racenya sehingga tidak perlu merasa rendah diri dibandingkan tim tim dari perguruan tinggi yang lain.

Untuk itu dukungan dari civitas akademika UNNES dan dukungan dari segenap komponen yang ada perlu terus diberikan kepada tim Roboboat Senopati CRC FT UNNES. (Rizqi Fitri N-Pembimbing CRC Himpro Teknik Mesin FT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *