Kunjungan Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Semarang, (21/11) Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang mendapatkan kunjungan dari Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI). Agenda kunjungan ini bermaksud untuk melakukan kerjasama antara Pusat Penelitian Fisika LIPI dengan Jurusan Teknik Mesin dalam bidang penelitian.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana alat-alat penelitian untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta Skripsi/ Tugas Akhir mahasiswa. Selama kunjungannya, Pusat Penelitian Fisika,Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memperkenalkan beberapa alat yang dapat digunakan di Pusat Penelitian Fisika LIPI. Penelitian yang dilakukan di LIPI lebih mengutamakan penelitian antar individu dari peneliti pihak LIPI dan pihak dosen/ mahasiswa.

Luaran yang diharapkan dari kerjasama dalam bidang penelitian ini yaitu publikasi hasil penelitian ke jurnal nasional dan Internasional maupun dalam bentuk karya ilmiah. Selian itu disampaikan pula bagi mahasiswa yang berminat untuk melakukan kegiatan penelitian dapat mengakses laman http://www.fisika.lipi.go.id/layanan dan waktu minimum yang diperlukan untuk melakukan penelitian di Pusat Penelitian Fisika LIPI adalah selama 3 bulan. Pusat Penelitian Fisika LIPI menyediakan peralatan penelitian dalam bidang material, geodesi, optoelektrik, laser, dan sebagainya.

Adanya kerjasama ini diharapkan dosen dan mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin Unnes dapat membuat penelitian yang berkualitas dan dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *