WORKSHOP PENYUSUNAN KISI KISI SOAL & MODEL EVALUASI

Semarang (4-5/7). Jurusan Teknik Mesin kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kisi-Kisi Soal dalam menghadapi Ujian Akhir Semester Genap 2016-2017. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Jurusan Teknik Mesin guna meningkatkan mutu dan kualitas soal yang akan diujikan kepada mahasiswa. Kegiatan ini di buka oleh ketua jurusan Teknik Mesin Rusiyanto S.Pd., M.T, dimana dalam sambutannya membahas pentingnya kelengkapan administrasi dalam membuat soal ujian, hal ini karena kelengkapan dokumen merupakan salah satu syarat menuju akreditasi program studi yang unggul. Turut hadir dalam pembukaan workshop, adalah Koordintor Program Studi Dr. Dwi Widjanarko S.Pd., ST., MT dan Samsudin Anis S.T., M.T.Ph.D.

Materi pada workshop penyusunnan kisi-kisi ini sendiri di sampaikan oleh Dr. Muhammad Khumaedi M.Pd selaku Dosen Evaluasi di Program Pascasarjana UNNES. Pembicara menyampaikan tentang alur pembuatan kisi-kisi soal, namun pada penjelasannya, beliau memulainnya dari pengertian, fungsi dan beberapa hal yang harus ada dalam penyusunan kisi-kisi soal. Penyusunan kisi-kisi sendiri dalam tahapannya meliputi : a). Penentuan kompetensi dasar yang diukur, b). Penentuan materi pokoknya, c). Menulis indikatornya, d). Penentuan komponen/ aspek perilaku yang diukur, e). Penentukan perkiraan tingkat kesukarannya dan f). Menulis sesuai dengan jumlah butir yang kan diteskan. Selanjutnya dalam hal penyusunan Model Evaluasi juga terdapat beberapa jenis antara lain :  a). Evaluasi Formatif, b). Evaluasi Sumatif, c). Evaluasi Penempatan dan d). Evaluasi Remidial.

Kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu dosen di jurusan Teknik Mesin, diharapkan dengan adanya workshop ini dapat menjadi acuan dalam menjalankan fungsi, peran, dan tugas masing-masing serta mampu menjaga dan meningkatkan sikap profesional, sehingga tujuan yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat dicapai secara optimal.

Materi workshop :
– Penyusunan Kisi-Kisi Soal : .pdf
– Penyusunan Contoh Kisi-Kisi : .pdf
– Penyusunan Model Evaluasi : .pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *